Kamis, 26 Oktober 2017

thumbnail

Pesawat Tempur Berseliweran di Langit Bandar Lampung, Ada Apa?

Komandan Lanud Pangeran M Bunyamin, Letkol Pnb Ahmad Mulyono saat memantau hadirnya enam pesawat Tempur Hawk 100/200 dan Hercules 130 dibandara Raden Inten II dalam rangka operasi elang Jelajah skadron 1 kamis (26/10). (Rian Pranata)


BANDARLAMPUNG (Lampost.co) -- Warga Bandar Lampung dikagetkan dengan beberapa pesawat tempur milik TNI AU yang terlihat mengitari di langit Bandar Lampung, Kamis (26/10/2017). Ada apa?

Komandan Lanud Pangeran M Bunyamin, Letkol Ahmad Mulyono di Bandara Radin inten II yang mengawal para penerbang pesawat tempur mengatakan, lima Pesawat tempur jenis Hawk 109 dan 209 milik Skadron Udara-1, dan pesawat Hercules C-130, tengah melaksanakan operasi Patroli Udara dengan sandi "Elang Jelajah".

"Patroli udara ini merupakan bagian dari salah satu tugas dan tanggung jawab komando operasi TNI AU II (Kopsauu II). Dimana Lanud Pangeran M Bunyamin salah satu Lanud operasional untuk mendukung operasi penerbangan TNI AU guna membantu menjaga serta pengawasan penegakan hukum diatas wilayah yuridis nasional dan melaksanakan Patroli udara terhadap objek objek di wilayah perbatasan RI," ujarnya kepada Lampost.co.


Dalam operasi Elang Jelajah, skadron I menyiapkan enam pesawat tempur jenis hawk dan satu pesawat hercules sebagai pendukung dari Lanud di Pontianak menuju bandara Radin Intan II untuk melaksanakan pengisian bahan bakar dan melanjutkan patroli udara terhadap objek vital khususnya disatra serta perbatasan NKRI.

"Ini suatu kebanggaan karena baru pertama kalinya Bandara Radin Intan II sebagai tempat pendaratan pesawat, diharapkan ke depan Bandara ini dapat dijadikan sebagai bandara alternatif untuk keadaan darurat operasional TNI AU," tambahnya.

Sementara itu salah satu penerbang pesawat tempur Hawk 200, Letkol PNB Agung mengatakan bangga bisa mendarat di Lampung, ini menjadi wujud pengembangan kekuatan militer di Indonesia. Apalagi Lampung punya weapon right, yang artinya keuntungan sebagai penerbang memiliki area untuk melaksanakan latihan penembakan dari udara ke darat yang menggunakan bom praktis maupun bom light.

"Kami sangat berkesan saat berada di Lampung, Bandara ini selain bersih landasanya juga sangat baik, ini dapat dijadikan tempat darurat operasional pesawat tempur untuk TNI Angkatan Udara ketika berada di Wilayah Lampung," ujar Pnb Agung.

Sementara itu dari pantauan Lampost.co, kebereadaan para lima penerbang pesawat tempur saat terbang di wilayah Lampung menjadi perhatian warga Bandar Lampung dan sekitarnya.

Sumber: Lampost.co

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts